Implementasi Cloud Computing di Indonesia

Implementasi OwnCloud Dalam Perusahaan

Owncloud layanan cloud computing yang tergolong dalam kategori Infrastructure as a Service (IaaS). Owncloud merupakan salah satu bentuk CMS yaitu Content Management System yang berfungsi sebagai layanan cloud storage. Saat ini layanan cloud storage mudah ditemui di internet, dari yang berbayar hingga yang gratis. Dropbox merupakan salah satu contoh dari layanan cloud storage yang menyediakan kapasitas penyimpanan sebesar 2GB secara gratis yang kemudian bisa diupgrade hingga maksimal 18 GB, contoh lainnya yaitu google drive, SugarSync, Microsoft SkyDrive, dan Spider Oak, dimana semuanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dengan menggunakan ownCloud kita dapat menyimpan dokumen, kontak, audio, galeri foto dan file lainnya. Selain itu, kita juga dapat mengakses file dan melakukan sinkronisasi file yang terdapat pada server ownCloud dengan perangkat mobile, dekstop, atau web. ownCloud ditulis dalam bahasa pembrograman PHP, dan juga dirancang untuk bisa bekerja dengan beberapa sistem manajemen database, seperti MySQL, SQLite, Oracle Database, MariaDB, dan PostgreSQL. Selain itu ownCloud juga dapat digunakan pada semua platform seperti Linux, Windows, dan Android.

Frank Kartlistchek merupakan pelopor ownCloud pertama, Januari 2010 Frank sedang membicarakan mengenai aplikasi open source yaitu aplikasi bebas dan terbuka yang digunakan sebagai solusi untuk permasalahan saat itu. Frank Kartlistchek merasa jika dunia sedang membutuhkan sesuatu yang mudah digunakan, fleksible, dan aman. Sejak ownCloud diumumkan oleh Frank ditahun 2010, ownCloud telah berkembang menjadi proyek dengan jutaan pengguna dan ribuan pengembang. OwnCloud adalah perangkat lunak yang mudah digunakan oleh penggunanya dan bisa menjadi solusi yang bagus jika diimplementasikan di perusahaan, karena data akan terpusat sehingga bisa mengurangi adanya duplikasi data di suatu perusahaan. Keuntungan lain yang dimiliki oleh ownCloud yaitu:

  1. OwnCloud adalah perangkat lunak open source dimana setiap pengguna dapat mengembangkan apikasi ownCloud sesuai kebutuhan pengguna.
  2. OwnCloud juga mampu menggabungkan beberapa layanan cloud storage yang tersedia sepertin Google Drive, Microsft Skydrive, dan Dropbox.
  3. Memiliki kapasitas yang tidak ada batasnya (tergantung hosting yang kita gunakan).
  4. Dapat diakses kapanpun dan dimanapun asalkan kita terhubung dengan akses internet.
  5. Berkas yang tersimpan akan dienkripsi sehingga jika seseorang membajak server berkas, maka tidak akan terbaca dokumen tersebut.
  6. Dapat membagi data secara pribadi maupun publik. Dalam proses implementasi ownCloud diperusahaan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah kita harus menginstall software Apache http Server versi 2 keatas, dan PHP versi 5.1 keatas, untuk database bisa menggunakan SQLite, MySQL 5.1 keatas, atau PostgreSQL 8 keatas, untuk sistem operasinya bisa gunakan GNU Linux, Microsoft Windows, Solaris, MacOSX di environment server.

Implementasi Cloud Computing Bidang Pendidikan Di Indonesia

Dengan penggunaan cloud computing memungkinkan sekolah atau perguruan tinggi memangkas biaya pembelian perangkat keras dan perangkat lunak, serta dapat menghemat biaya pengeluaran untuk merekrut tenaga IT. Karena kampus atau sekolah hanya perlu membayar secara rutin tiap bulan sesuai dengan banyaknya penggunaan. Manfaat lain yang dirasakan oleh pengguna adalah kemudahan dalam mengakses data dan informasi sehingga dapat dikatakan bahwa dengan adanya cloud computing dibidang pendidikan sangat membatu dalam memajukan dunia pendidikan di Indonesia.

Berkembangnya teknologi saat ini memunculkan terobosan-terobosan baru khususnya didunia pendidikan, seperti adanya suatu Sistem Informasi Akademik yang sudah menerapkan cloud computing yaitu SIAKAD Cloud. SIAKAD cloud adalah salah satu jasa penyedia layanan cloud computing yang diterapkan di perguruan tinggi. Selain itu SIAKAD cloud juga menjamin keamanan dan kerahasiaan data yang disimpan di server karena telah menerapkan teknologi Disaster Recovery Center yang menjamin keamanan data jika terjadi kejadian yang tidak diinginkan kampus.

Google juga mengeluarkan layanan cloud computing yang mendukung dunia pendidikan salah satu produknya yaitu Google Apps for Education, Google Apps ini memberikan layanan hosting gratis untuk mengelola email, chat, kalender, dan berbagai dokumen. Salah satu fitur-fitur utama yang ada di Google Apps adalah Gmail, Google calender, Google talk, Google docs, Google sites, dan Google video for education.

Implementasi Cloud Computing Bidang Industri Di Indonesia

Saat ini penerapan cloud computing di Indonesia sudah dilakukan di sejumlah perusahaan diantaranya yaitu Telkom. Dapat dikatakan bahwa cloud computing adalah infrastruktur utama dalam pengembangan revolusi industri 4.0 di Indonesia. Karena teknologi cloud computing akan menyokong layanan lain seperti big data analysis, internet of things, artificial intelligence, machine learning dan blockchain. Dengan menggunakan cloud computing, perusahaan tidak perlu memiliki banyak perangkat untuk mengelola dan menyimpan data. Penggunaan cloud computing bisa dimanfaatkan disegala lini proses bisnis perusahaan seperti dibagian sales management, operations management, telecommunications, IT and support dalam satu bisnis sistem yang terintegrasi.

Information Technology Management

My research interests include information technology management, machine learning, and time-series forecasting.