Tahapan Pengembangan Sistem Informasi

Tahapan Pengembangan Sistem Informasi

Pengembangan sistem informasi dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya dengan menggunakan System Development Life Cycle (SDLC). Metode SDLC memiliki beberapa tahapan sebagai berikut:

  1. Requirement Analysis
  2. Design Analysis
  3. Implementation
  4. Testing
  5. Evolution (pemeliharaan dan penambahan)

Requiremen Analysis untuk mengetahui sistem seperti apa yang dibutuhkan pengguna dan mengapa sistem informasi tersebut harus dibangun dalam suatu organisasi. Dan untuk mengetahui kebutuhan-kebutuhan dari pengguna yang harus ada dalam sistem informasi yang akan dibangun

Design Analysis, proses ini untuk memberikan gambaran secara umum kepada pengguna sistem informasi mengenai sistem informasi yang akan dibangun. Tahapan ini memiliki dua tujuan utama yaitu: • Memberikan gambaran secara umum tentang kebutuhan informasi kepada pemakai sistem atau pengguna atau lebih dikenal dengan istilah perancangan sistem secara umum. • Memberikan gambaran secara jelas dan rancang bangun yang lengkap kepada development tim (programmer, database analysis, dan lain-lain) atau lebih dikenal dengan istilah perancangan sistem secara terinci.

Implementation atau implementasi, ini merupakan tahapan pembuatan atau pengembangan sistem informasi sesuai rancangan yang sudah dibuat. Dalam tahap ini yang biasa dilakukan adalah melakukan proses coding yang dilakukan oleh development tim.

Testing, tahap testing dibutuhkan untuk mengetahui kinerja dari sistem informasi yang sudah dibuat oleh tim development. Yang diuji meliputi kualitas software, kemudian melakukan pengujian ke pengguna apakah sistem sudah berjalan dengan lancer dan dapat menerima input dan mengeluarkan output yang sesuai harapan.

Evolution, ditahapan ini dilakukan proses maintenance software. Maintenance harus dilakukan karena beberapa alas an yaitu: • Sistem mengalami kegagalan dalam beroperasi yang dulunya belum terdetksi sehingga kesalahan-kesalahan tersebut harus diperbaiki • Sistem mengalami perubahan-perubahan atau penambahan fitur karena permintaan dari pengguna untuk memenuhi suatu kondisi yang baru. • Sistem mengalami perubahan karena adanya factor perubahan lingkungan luar organisasi, sehingga sistem harus dikaji ulang agar sistem sesuai dengan perubahan eksternal organisasi tersebut.

Information Technology Management

My research interests include information technology management, machine learning, and time-series forecasting.